06
Apr

Bupati Tanggamus Berikan Bantuan Bedah Rumah untuk Warga Pekon Paku

LAMPUNGONE.CO, KELUMBAYAN- Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani melakukan roadshow untuk meninjau pembukaan badan jalan, pemberian bantuan bedah rumah, dan pemberian bantuan pembangunan rumah pasca sunami di Kecamatan Kelumbayan, Selasa (6/4).

Dalam hal ini bupati memberikan bantuan bedah rumah untuk warga Pekon Paku, selanjutnya menghadiri pembukaan badan jalan dari Pematang Neba sampai Pedukuhan Umbuk Solo Pujirahayu dan Suka Maju di Pekon Penyandingan dan dilanjutkan meninjau lokasi pembangunan dan memberikan bantuan untuk rumah pasca sunami di Pekon Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan.

“Sebagaimana kita ketahui, akibat bencana tsunami yang terjadi pada akhir 2018 yang lalu, terdapat sejumlah rumah yang hilang dan rusak akibat terjangan gelombang tsunami. Dalam hal ini, Pemkab Tanggamus telah mengusulkan bantuan kepada Pemerintah Pusat, untuk pembangunan rumah bagi para korban dan warga yang terdampak tsunami tersebut,” kata bupati.

Bupati Hj. Dewi Handajani, mengatakan mudah-mudahan tidak lama lagi pembangunan rumah ini akan segera selesai, dan para korban bencana tsunami mendapatkan kembali rumah yang layak huni, serta jauh dari ancaman bencana tsunami dan lainnya.

“Kami juga dari Pemkab Tanggamus memberikan bantuan untuk bedah rumah bagi warga masyarakat Pekon Paku yang kurang mampu dan ini merupakan program pemerintah untuk pemugaran perumahan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Melihat kondisi rumah yang sudah tidak layak huni dan semoga dengan bantuan bedah rumah bisa membuat mereka memiliki rumah yang layak huni serta bisa hidup dengan nyaman sehat dan tidak was was lagi bila terjadi apa- apa,” kata bupati.

Selanjutnya bupati juga menghadiri pembukaan badan jalan yang ada di Pedukuhan Umbul Solo Pujirahayu dan Pekon Suka Maju, semoga ini bisa menjadikan jalur lintas buat pengendara warga di sini serta memperlancar lalu lintas di daerah yang telah berkembang, dan untuk meningkatkan pelayanan distribusi barang dan jasa guna menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Bupati juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan.

“Walaupun sekarang Kabupaten Tanggamus sudah memasuki zona kuning tapi kita agar selalu tetap menjaga kesehatan dengan protokol kesehatan melalui 5M seperti memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan menjaga mobilitas dan interaksi, kita berdo’a semoga pandemi Covid-19 ini cepat berlalu dan Indonesia kembali sehat,” ujarnya.

Hadir mendampingi Bupati Kadis PUPR Riswanda Djunaidi, Kalak BPBD Ediyan, Camat Kelumbayan Drs Nauval Syahri, Uspika Kecamatan, Babinsa, para Kepala Pekon Kec.Kelumbayan, serta Masyarakat.